Friday 17 February 2012

Pengamatan Bersama Tim Tesia Jawa


Rabu, 8 Februari 2012saya bersama tim Tesia Jawa (Willy, Moriz, Ayu, Opi) dan Mas Zul Aza melakukan pengamatan di TNGM (Taman Nasional Gunung Merapi) tepatnya di Goa Jepang dan Plawangan. Kami sempat menunggu pintu masuk dibuka karena petugas belum datang. Setelah petugas datang Moriz dan Willy sempat beradu argumen dengan petugas jaga karena belum mengantongi SIMAKSI.

Pengamatan hari itu difokuskan di Goa Jepang kecuali Moriz yang memutuskan untuk berpisah dan melakukan pengamatan di Plawangan. Untuk para Tim Tesia, pengamatan hari itu di gunakan untuk mengenal medan dan surve awal mengenai habitat burung Tesia Jawa. Baru berjalan sebentar rasanya kaki sudah terasa capek. Namun kami harus tetap berjalan dan mengamati sekeliling.

Tidak terasa sudah sampai di goa jepang. Kami menemukan spot pengamatan yang cihuy karena pandangan luas dan banyak sekali burung yang berterbangan, sampai-sampai bingung menentukan burung mana yang akan diamati lebih dulu.

Belum cukup puas mengamati burung, Willy mengajak untuk berpindah tempat. Banyak list baru yang saya dapatkan walaupun tidak semuanya teramati dengan jelas. Beberapa hanya mendengar suaranya saja seperti Betet, Tesia jawa, dan Anis.

Burung yang membuat saya terkesan pada pengamatan kali ini adalah Serindit Jawa, Ciu, dan Cica Daun. Serindit jawa berwarna hijau, berparuh orange dan terlihat bulat. Dapat teramati jelas karena bertengger terbalik dengan kepala di bawahdalam waktu yang cukup lama. Namun warna tubuhnya tersamar ditambah lagi tidak melakukan banyak pergerakan sehingga di awal pengamatan harus mencari-cari dan membedakan burung ini dengan daun. Ciu teramati berukuran kecil, punggung berwarna hitam, dada berwarna putih, tunggir orange dan pada mata terdapat  garis putih. Lalu Cica Daun, warnanya hijau dengan warna muka hitam dan paruh panjang agak melengkung berwarna hitam. Yang membuat saya ingat pada burung ini adalah karena harganya yang mahal di pasaran (kata Willy). Wkwkwk

Berikut list burung yang tercatat :
      Wergan Jawa
            Kipasan Bukit
      Ciung Batu Kecil
            Scarlet
            Sikatan Kepala Abu
            Sikatan Belang
      Ciu
      Cica Daun
            Madu Gunung Betina
      Serindit Jawa
      Elang Bondol
            Cucak gunung
      Sikatan bubik
      Cikrak

Capeknya perjalanan terbayar dengan indahnya burung-burung yang diamati dan tingkah laku konyol tim Tesia tentunya. Hehehe. Terima kasih tim Tesia, kapan kapan pengamatan lagi :)

No comments:

Post a Comment